.:: Beasiswa Utusan Daerah IPB ::.
Seleksi Calon Peserta PBSB Kementerian Agama RI 2014 Print
Monday, 26 May 2014 03:25

Kementerian Agama RI kembali melaksanakan seleksi peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) pada tanggal 22 Mei 2014. IPB turut diundang oleh Kemenag RI untuk membantu pelaksanaan seleksi tersebut, dan berkesempatan untuk mengirimkan 3 (tiga) orang pengawas ke 3 tempat pelaksanaan seleksi, yaitu Ir. Hadisunarso, M.Si (Staf Pengajar Fakultas Matematika dan IPA) di Provinsi Bengkulu, Ir. Yatri Indah Kusumastuti, M.S (Kepala Biro Hukum, Promosi dan Humas) di Provinsi Banten dan Furqon Syarief Hidayatulloh, S.Ag, M.Pd.I (Staf Pengajar Program Mata Kuliah Dasar Umum) di Provinsi Jambi. IPB dan Kemenag telah bermitra dalam pelaksanaan PBSB ini sejak tahun 2004.

 

Peserta seleksi merupakan santri yang telah lulus SMA/MA pada tahun ini dan direkomendasikan oleh pondok pesantrean asal santri ybs. Materi seleksi PBSB terdiri dari Tes Bakat Skolastik (TBK), Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris, Tes Bahasa Arab dan Tes Kepesantrenan. Pada tahun ini terdapat 11 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi agama islam negeri yang menjadi mitra Kemenag dalam pelaksanaan PBSB, yaitu IPB, ITS Surabaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan Institut Agama Islam Negeri Walosongo Semarang.(rpr)

 
Seleksi Penjaringan Calon Mahasiswa BUD dari Kabupaten Rokan Hilir Print
Sunday, 25 May 2014 00:00

 


 

Pada tanggal 24 Mei 2014, Tim BUD IPB diundang oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir untuk membantu pelaksanaan seleksi calon penerima beasiswa BUD Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.  Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hilir.  Tahapan seleksi diawali dengan tes tulis diikuti oleh 32 peserta dari SMA dan MA di Kabupaten Rokan Hilir. 

 

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan Presentasi mengenai IPB dan Program BUD disampaikan oleh Dr. Edy Hartulistiyoso dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta. Selanjutnya, dilaksanakan wawancara bagi seluruh calon yang mengikuti TPA tersebut.

 

Beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir berjumlah 15 beasiswa. Hasil tes tulis, wawancara dan berkas formulir akan diseleksi oleh IPB sebagai calon mahasiswa Beasiswa Utusan Daerah tahun akademik 2014/2015 pada program sarjana (sdr)

 
Seleksi Calon Penerima Beasiswa Utusan Daerah Kabupaten Simalungun Print
Thursday, 22 May 2014 06:55

Pada tahun akademik 2014/2015 Kabupaten Simalungun akan kembali bekerjasama dengan IPB untuk pengiriman mahasiswa jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) sebanyak 10 orang. Pada tanggal 18-20 Mei 2014 Tim BUD IPB yang terdiri atas Dr. Rinekso Soekmadi (Direktur Kemahasiswaan) dan Farchaini Budi Astuti, SP (Sekretaris Tim BUD) diundang oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk membantu pelaksanaan seleksi bagi calon penerima BUD. Seleksi dilaksanakan sebanyak dua tahap pada tanggal 19 Mei 2014. Tahap pertama adalah Tes Potensi Akademik yang dilaksanakan pada pukul 09.00 – 11.00 dan tahap kedua adalah wawancara yang dilakukan oleh Tim BUD IPB pada pukul 13.30 – 17.00.

 


 

Seleksi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun Wasin Sinaga, S. Pd, MH. Dan diikuti oleh 39 peserta dari 11 SMA/SMK yang ada di Kabupaten Simalungun. Bupati Simalungun Dr. J. R. Saragih juga menyempatkan diri hadir sebentar untuk melihat jalannya proses seleksi. Pada kegiatan ini Dr. Rinekso Soekmadi juga menyampaikan presentasi dan diskusi mengenai IPB dan BUD dihadapan para peserta seleksi dan perwakilan Kepala Sekolah dan guru SMA/SMK se-Kabupaten Simalungun.

Hasil seleksi tulis dan wawancara serta berkas formulir pendaftaran peserta untuk selanjutnya akan diseleksi akhir oleh IPB. (fba)

 
Seleksi Penjaringan Calon Mahasiswa BUD dari Kabupaten Nias Utara Print
Tuesday, 13 May 2014 00:00

 

 

Pada tanggal 11-13 Mei 2014, Tim BUD melakukan kunjungan ke Kabupaten Nias Utara sebagai tindak lanjut pertemuan pada 11 April 2014 di IPB. Tim BUD IPB diundang oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk membantu pelaksanaan seleksi calon penerima beasiswa BUD Pemerintah Kabupaten Nias Utara.  Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lahewa, Kabupaten Nias Utara, pada hari Senin, 12 Mei 2014.

 

Tahapan seleksi diawali dengan tes tulis diikuti oleh 294 peserta dari SMA dan SMK Kabupaten Nias Utara.  Peserta yang mengikuti tes tulis adalah peserta yang sudah lolos seleksi administrasi Pemerintah Kabupaten Nias Utara.

 

Tes dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara, Drs. Fanotona Zega, MAP.  Tes tulis dibagi menjadi dua gelombang dimulai pukul 09.00 – 11.00 serta 11.30 – 13.30 bertempat di SMP Negeri 1 Lahewa. Presentasi mengenai IPB dan Program BUD disampaikan oleh Dr. Eko Sri Wiyono dan Dr. Bagus Priyo Purwanto dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta.  Selanjutnya pemusnahan soal dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias.

 

Beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Utara berjumlah 30 beasiswa. Hasil tes tulis dan berkas formulir akan diseleksi oleh IPB sebagai calon mahasiswa Beasiswa Utusan Daerah. Pemerintah Kabupaten Nias Utara sangat mendukung pemberian beasiswa sebagai upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Nias Utara.(sdr)

 

 
Temu sapa Bupati Bengkayang dengan Mahasiswa BUD Print
Friday, 09 May 2014 02:22

Bupati Bengkayang (Suryadman Gidot, S. Pd, M. Pd) berkunjung ke IPB untuk silaturahmi dengan pimpinan IPB dan bertemu dengan mahasiswa BUD dari Kabupaten Bengkayang pada hari Kamis, 8 Mei 2014. Bertempat di ruang Rektor IPB, Bupati Bengkayang yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Pertanian (Danuri, S. Tp) diterima oleh Dr. Ibnul Qayim (Sekretaris Institut/Ketua Tim BUD).

 

 

Setelah pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pertemuan bersama mahasiswa BUD di R. 302 Sekolah Pascasarjana. Acara ini dihadiri oleh 10 orang mahasiswa BUD. Agenda pertemuan ini adalah silaturahmi sekaligus monitoring dan evaluasi hasil pendidikan mahasiswa di IPB. Pertemuan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Bengkayang terhadap mahasiswa yang sedang melaksanakan studi di IPB.(fba)

 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 3 of 50

Pengumuman

Liputan Green TV IPB pada acara Malam Apresiasi Mitra BUD IPB 14 Oktober 2014, dapat dilihat pada link berikut : Green TV - BUD IPB

Polling

Bagaimana menurut anda sistem Layanan BUD IPB?
 

Pencarian

RSS Feed

Feed Entries