.:: Beasiswa Utusan Daerah IPB ::.
Sosialisasi IPB di Kabupaten Fakfak Print
Monday, 16 March 2015 00:00

Pada tanggal 11-13 Maret 2015 tim IPB melakukan sosialisasi ke Kabupaten Fakfak.  Sejak tahun 2007 IPB telah melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Fakfak melalui  ikatan Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Beasiswa Utusan Daerah (BUD) merupakan program kerjasama bantuan pendidikan antara pihak pemerintah daerah dengan perguruan tinggi. Terdapat sebanyak 30 putra putri daerah Kabupaten Fakfak yang telah dikirim untuk belajar di IPB. Saat ini sebanyak 17 orang telah menyelesaikan masa studi dan dua dintaranya merupakan lulusan terbaik Fakultas yaitu Wiwi Febriani S.Gz dan Melinda Rumuy S.Gz yang mengambil jurusan Gizi pada Fakultas Ekologi Manusia (FEMA).

 

 

 

Tim IPB disambut oleh dinas pendidikan yang diwakili oleh Drs. Abuhari Patur yang juga selaku pengelola BUD IPB Kabupaten Fakfak yang mendampingi seluruh kegiatan tim IPB selama di Kabupaten Fakfak. Selain itu, alumni BUD IPB yang berada di Fakfak juga dilibatkan dan ikut membantu guna kelancaran kegiatan yang dimaksud.

 

 

Read more...
 
KUNJUNGAN AUDIENSI PEMERINTAH KABUPATEN KAUR KE IPB Print
Wednesday, 11 March 2015 02:59

 

 

Selasa, 10 Maret 2015 bertempat di Ruang Rektor, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 2 Pemerintah Kabupaten Kaur mengunjungi IPB dalam rangka audiensi rencana kerjasama, salah satunya adalah kerjasama penerimaan mahasiswa baru IPB jalur Beasiswa Utusan Daerah. Tim dari Pemda Kabupaten Kaur terdiri dari Bupati Kaur Dr. Ir. Hermen Malik, M.Sc, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kaur M. Daud Abdullah, S.Pd beserta staf bupati Bapak Harun, S.Kom, diterima langsung oleh Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc, Sekretaris Institut/ Ketua Tim BUD Dr. Ir. Ibnul Qayim, Wakil Rektor bidang Sarana dan Bisnis Dr. Ir. Arif Imam Suroso, M.Sc dan Direktur Kerjasama dan Program Internasional Dr. Edy Hartulistiyoso. Pertemuan audiensi membahas rencana kerjasama antara Kabupaten Kaur dan IPB pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Bupati berharap dengan inisiasi kerjasama dengan IPB dapat memberikan sumbangsih yang besar bagi Kabupaten Kaur.  

 
Penandatanganan Naskah Kesepahaman IPB-Kabupaten Gowa Print
Tuesday, 10 March 2015 06:43

 


 

Pada Hari Rabu, 4 Maret 2015 dilaksanakan kegiatan penandatangan Naskah Kesepahaman antara IPB dan Kabupaten Gowa.  Naskah tersebut langsung ditandatangani oleh Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M. Sc. (Rektor IPB) dan H. Ichsan Yasin Limpo, S.H.., M.H (Bupati Gowa), serta disaksikan oleh SKPD serta Ketua DPRD Kabupaten Gowa dan Civitas akademik IPB.  Rencana kerjasama dalam waktu dekat adalah bidang pendidikan melalui kerjasama jalur Beasiswa Utusan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan komoditi kentang.

 

Beberapa diantara civitas akademik yang hadir adalah : Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sekretaris Institut, Direktur Kerjasama dan Program Internasional, Direktur Kemahasiswaan, Wakil Dekan Fakultas Pertanian, Wakil Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Wakil Dekan Fakultas Ekologi Manusia. 

 

Sedangkan Tim Kabupaten Gowa terdiri atas :

1.      Ketua DPRD Kabupaten Gowa : H. Ansar Zainal Bate

2.      Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa : H. Abd. Rauf, S.Sos, M.Si

3.      Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan : Taufik Mursad, ST, MT

4.      Kepala Dinas Pekerjaan Umum : H. Mandoap, ST

5.      Kepala Dinas Koperasi : Ir. M.Yusuf

6.      Kepala Dinas Pariwisata : A. Rimba Alam

7.      Kabag Humas : Drs. Arifuddin Saeni

8.      Kabag Hukum : H. Muh. Taslim, SH, MH

9.      Kabag Umum : Drs. Indra Setiawan Abbas, M.Si

10.  Kabag Ekonomi : Ir. Iriansyah Masiga

11.  Kabag Organisasi : Mappasomba, SE

12.  Dewan Pakar SKPD : Prof. Dr. Bambang Soepeno

 
PERTEMUAN MAHASISWA BUD ANGKATAN 51 Print
Friday, 06 March 2015 06:24

Dalam rangka berakhirnya semester ganjil tahun akademik 2014/2015 dan dimulainya perkuliahan semester genap tahun akademik 2014/2015, Tim Beasiswa Utusan Daerah (BUD) mengadakan pertemuan dengan mahasiswa BUD angkatan 51, yang saat ini sedang menempuh pendidikan Tingkat Persiapan Bersama (TPB). Pertemuan ini sekaligus bertujuan untuk monitoring dan evaluasi hasil akademik semester ganjil 2014/2015. Hasil akademik mahasiswa BUD di TPB pada semester ganjil lalu meraih IP rata – rata 2.81, rataan yang naik berdasarkan rataan tahun lalu. Terdapat 1 (satu) mahasiswa BUD yang dapat meraih IP 4.00, yaitu Melda Sari Bancin (A14140059) asal Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat.

 

Hadir pada pertemuan tersebut 125 orang mahasiswa dari total 167 mahasiswa BUD TPB Angkatan 51. Pertemuan diawali dengan makan malam bersama dan presentasi tentang perkembangan mahasiswa BUD selama satu semester oleh Sekretariat BUD. Ditampilkan juga penampilan kreativitas seni mahasiswa menyanyikan lagu daerah, yaitu mahasiswa dari Kementerian Agama RI, Kabupaten Simalungun, PT Adaro Indonesia dan Kabupaten Nias Utara. Acara dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab antara mahasiswa dan Ketua Tim BUD Dr. Ir. Ibnul Qayim. Mahasiswa menanyakan perihal peraturan akademik, perkuliahan, tutorial dan kehidupan sosialisasi di kampus dan asrama.

 

Pertemuan diakhiri dengan pemberian penghargaan bagi 5 (lima) mahasiswa yang mencapai IP > 3.90, yaitu Melda Sari Bancin (A14140059) – Kabupaten Pakpak Bharat, Jefry Yoanda (G54140049) – Pemerintah Provinsi Aceh, Afrillia Yenita (I14140079) – Pemerintah Provinsi Riau, Gebrina Putri Guciano (G24140054) – Pemerintah Provinsi Aceh, dan Elsy Gustika Buana (F44140047) – Kabupaten Sumbawa Barat. Tim BUD berharap seluruh mahasiswa BUD dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasinya di semester genap 2014/2015. 

 
Audiensi IPB dengan Eka Tjipta Foundation Print
Thursday, 26 February 2015 02:42

Rabu, 25 Februari 2015, IPB dan Eka Tjipta Foundation (ETF) berkesempatan melakukan audiensi yang bertempat di Sinar Mas Land Plaza, Tower II Lt. 33, Jakarta. Kedatangan tim BUD IPB kali ini disambut oleh Executive Director Eka Tjipta Foundation Anne Mulya, General Manager Eka Tjipta Foundation Fresia Sugiarto, Corporate Communication President Office  Sinar Mas Yuda Triwibawa, dan Corporate Communication ibu Victoria. ETF sebelumnya merupakan salah satu mitra pemberi beasiswa bagi mahasiswa Program Sarjana IPB yang dapat memenuhi persyaratan termasuk nilai IPK. Beasiswa tersebut meliputi tuition fee dan biaya buku.

 


 

Pertemuan audiensi diawali dengan pemaparan tentang program BUD oleh Ketua Tim BUD, Dr. Ir. Ibnul Qayim, yang dilanjutkan dengan diskusi antara pihak ETF dan IPB. Dalam diskusi tersebut, ETF menyatakan tertarik dan akan mempertimbangkan program BUD ini sebagai salah satu program education ETF bagi masyarakat, terutama yang berasal dari wilayah perkebunan Sinar Mas Group. Wilayah yang ditargetkan untuk program ini adalah Sumatera dan Kalimantan. IPB dan ETF berharap program ini dapat berjalan dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah perkebunan Sinar Mas Group.  

 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 3 of 55

Pengumuman

Klik disini untuk mengunduh formulir pendaftaran BUD tahun akademik 2015/2016

Berkas Pendaftaran BUD IPB dapat diterima paling lambat tanggal 29 Mei 2015

Polling

Bagaimana menurut anda sistem Layanan BUD IPB?
 

Pencarian

RSS Feed

Feed Entries