.:: Beasiswa Utusan Daerah IPB ::.
Monitoring dan Evaluasi Program BUD IPB dengan PT Adaro Indonesia Print
Wednesday, 22 April 2015 06:25

PT Adaro Indonesia dan IPB telah bekerja sama sejak tahun 2010 melalui pengiriman mahasiswa baru IPB jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Dalam rangka monitoring dan evaluasi program BUD yang sudah berjalan selama ini, hari Selasa 21 April 2015, IPB berkesempatan menerima kunjungan PT Adaro Indonesia. Tim dari PT Adaro Indonesia yang terdiri dari GM CSR PT Adaro Energy Tbk Ibu Okty Damayanti, External Relations Division Head PT Adaro Indonesia Bapak Rizki Darmawan, Manager CSR Bapak Idham, dan CSR PT Adaro Indonesia Bapak Gufron, Bapak Taufik dan Ibu Mimi, diterima langsung oleh Ketua Tim BUD Dr. Ir. Ibnul Qayim di Ruang Sidang Biro Umum, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 1. Tujuan dari monitoring dan evaluasi ini adalah untuk menguraikan dan mendiskusikan hal – hal apa saja yang sudah berjalan dan hambatan yang ada selama kerjasama BUD ini. Pada kesempatan tersebut, PT Adaro Indonesia juga meminta masukan – masukan dari IPB untuk peningkatan kualitas mahasiswa BUD IPB yang disponsori oleh PT Adaro Indonesia. Ketua Tim BUD menyampaikan beberapa best practices tentang pengelolaan program BUD yang sudah pernah dilakukan dengan mitra lainnya. Diharapkan pertemuan ini dapat memberikan sumbangsih dalam peningkatan kualitas kerjasama antara IPB dan PT Adaro Indonesia.

 

 

 

Total sudah sebanyak 78 (tujuh puluh delapan) mahasiswa yang berhasil diterima menjadi mahasiswa IPB pada tahun 2010 – 2014. Hingga tahun akademik 2014/2015 tercatat 62 (Enam puluh dua) mahasiswa berstatus aktif dan sudah 9 (sembilan) mahasiswa berhasil menyelesaikan studinya di IPB.  

 
Tindak Lanjut Kerjasama IPB dan Pemerintah Kabupaten Kaur Print
Monday, 20 April 2015 03:03

 Dalam rangka tindak lanjut kerjasama IPB dan Pemerintah Kabupaten Kaur pada bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Tim IPB berkesempatan untuk berkunjung ke Kabupaten Kaur pada hari Kamis – Jumat, 16-17 April 2015. Tim IPB diwakili oleh Direktur Pengembangan Bisnis Dr. Ir. Agus Oman Sudrajat, M.S dan Sekretariat BUD Ribka Puji Raspati. Tim disambut langsung oleh Bupati Kaur Dr. Ir. H. Hermen Malik, M.Sc, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M. Daud Abdullah, S.Pd dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Agusman Efendi, SE, MM.

 

 

 

Pada bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Kaur telah berkomitmen untuk mengrimkan 2 (dua) putra/i terbaiknya untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi di IPB melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) tahun ini. Terdapat 9 (sembilan) siswa/i yang berasal dari 7 SMA/MA/SMK di Kabupaten Kaur, yang sudah melalui seleksi panjang oleh Pemda Kabupaten Kaur dan menjadi yang terbaik se-Kabupaten Kaur. Sembilan siswa ini akan diseleksi oleh IPB untuk memilik 2 (dua) orang terbaik sebagai calon penerima beasiswa BUD. Direktur Pengembangan Bisnis Dr. Ir. Agus Oman Sudarajat, M.S berkesempatan memaparkan tentang IPB, mulai dari program studi hingga kehidupan kampus di IPB. Dalam sesi tersebut dilakukan juga diskusi/tanya jawab dengan 9 siswa/i tersebut untuk dapat menggali minat dan bakat masing – masing siswa.  

Read more...
 
TES PENJARINGAN CALON PENERIMA BEASISWA PEMERINTAH KABUPATEN GOWA Print
Thursday, 09 April 2015 06:00

Pemerintah Kabupaten Gowa pada tahun 2015 akan memberikan beasiswa kepada putra putri daerah Kabupaten Gowa untuk dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Pemkab Gowa berencana memberikan beasiswa bagi 10 (sepuluh) orang yang lulus tes penjaringan untuk kuliah di IPB.

Pada hari Senin, 6 April 2015 bertempat di Kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Gowa, IPB membantu Pemerintah Kabupaten Gowa dalam pelaksanaan tes penjaringan calon penerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Gowa. Terdapat 133 peserta tes dari total 152 pelamar, hadir mengikuti tes penjaringan tersebut. Persyaratan untuk dapat mengikuti tes ini telah ditetapkan sebelumnya oleh Pemkab Gowa, salah satunya adalah peserta merupakan siswa/i yang masuk ke dalam rangking 40 besar di sekolahnya. Peserta tes penjaringan berasal dari 21 SMA/MA/SMK di Kabupaten Gowa  dan Makassar.

 

Tes penjaringan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda H. Idris Faisal Kadir, SH dan Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda Kabupaten Gowa berharap pelaksanaan tes penjaringan ini dapat dilakukan oleh para peserta tes secara jujur dan baik, sehingga nantinya peserta yang lolos tes dan berhasil diterima IPB merupakan bibit unggul yang nantinya akan membawa nama baik Pemkab Gowa. Rektor IPB sangat mengapresia pelaksanaan tes penjaringan ini dan berharap kerjasama penerimaan mahasiswa baru dari Kabupaten Gowa dapat terus berlanjut di tahun mendatang.

Sebelum pelaksanaan tes, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS memberikan pengarahan tata cara menjawab soal dan penjelasan tentang program studi yang ada di IPB. Tes berlangsung lancar dan tidak ada hambatan berarti.

Hadir pula pada kesempatan tersebut, Direktur Kerjasama dan Program Internasional Dr. Edy Hartulistiyoso staf pengajar Fakultas Matematika dan IPA Prof. Suharsono, staf Direktorat Kerjasama dan Program Internasional Gilang Rusrita Aida, Sekretariat BUD Ribka Puji Raspati dan Imas Widayanti sebagai pengawas tes penjaringan.

 
Apresiasi Mahasiswa Bud Berprestasi Melalui Outing Ke Taman Buah Mekarsari Print
Wednesday, 25 March 2015 00:00

 

Minggu, 22 Maret 2015, Tim BUD memberikan apresiasi kepada mahasiswa BUD berprestasi melalui outing ke Taman Buah Mekarsari. Rombongan tim BUD dan mahasiswa berangkat dari ATM Center BNI pada pukul 06.00 WIB dan sampai di Mekarsari pada pukul 7.50 WIB. Kedatangan rombongan di Taman Buah Mekarsari disambut oleh Asisten Manager Comersil Ibu Lina dan Bapak Edwin serta tim dari Taman Buah Mekarsari. Sebelum melakukan tour keliling taman buah, tim Mekarsari memberikan beberapa informasi mengenai sejarah dan koleksi buah di Mekarsari melalui presentasi. Tour keliling taman buah dilakukan dengan menggunakan kereta yang telah disediakan oleh pihak Mekarsari dengan dipandu oleh guide. Pada perhentian pertama tour, mahasiswa BUD diberikan pengetahuan mengenai cara modifikasi pada tanaman agar cepat berbuah dengan teknik akar ganda serta cara mencangkok tanaman dengan benar. Dua mahasiswa yang ikut melakukan praktek mendapatkan hadiah berupa tanaman.

 

Tour dilanjutkan ke taman koleksi buah melon. Mahasiswa mendapatkan beberapa pengetahuan tentang buah melon, termasuk bagaimana caranya membentuk buah melon menjadi bentuk yang lucu dengan cara dicetak. Pada kesempatan tersebut juga diberikan buah melon yang telah dikupas untuk dicoba. Perjalanan dilanjutkan ke taman koleksi buah rambutan. Di tempat tersebut, seluruh rombongan dapat memetik buah rambutan dan mencobanya. Tujuan selanjutnya adalah taman koleksi buah salak. Di taman salal, seluruh rombongan juga dapat mencicipi beberapa jenis buah salak. Setelah dari taman buah salak, rombongan berhenti di depan gedung pengelola taman buah mekarsari yang berbentuk air terjun. Gedung pengelola tersebut merupakan ciri khas Taman Buah Mekarsari karena bentuk yang unit dan biasanya digunakan untuk dokumentasi pengunjung.

 

Setelah tour keliling taman buah selesai, rombongan beristirahat sejenak dan makan siang di taman sekitar danau. Untuk memeriahkan acara dan menguji kekompakan mahasiswa, tim BUD mengadakan permainan kreativitas, yaitu estafet sarung, panjang-panjangan, permainan konsentrasi, stand up together, dan beberapa kuis mengenai pengetahuan tentang IPB. Pemenang dari masing-masing permainan dan juara umum mendapatkan bingkisan menarik dari tim BUD. Setelah itu, para mahasiswa bisa menikmati free time yang diberikan oleh tim BUD selama kurang lebih 30 menit. Pada pukul 15.00 WIB seluru rombongan mulai berkemas-kemas untuk kemudian pulang kembali ke kampus.

 
Sosialisasi IPB di Kabupaten Fakfak Print
Monday, 16 March 2015 00:00

Pada tanggal 11-13 Maret 2015 tim IPB melakukan sosialisasi ke Kabupaten Fakfak.  Sejak tahun 2007 IPB telah melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Fakfak melalui  ikatan Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Beasiswa Utusan Daerah (BUD) merupakan program kerjasama bantuan pendidikan antara pihak pemerintah daerah dengan perguruan tinggi. Terdapat sebanyak 30 putra putri daerah Kabupaten Fakfak yang telah dikirim untuk belajar di IPB. Saat ini sebanyak 17 orang telah menyelesaikan masa studi dan dua dintaranya merupakan lulusan terbaik Fakultas yaitu Wiwi Febriani S.Gz dan Melinda Rumuy S.Gz yang mengambil jurusan Gizi pada Fakultas Ekologi Manusia (FEMA).

 

 

 

Tim IPB disambut oleh dinas pendidikan yang diwakili oleh Drs. Abuhari Patur yang juga selaku pengelola BUD IPB Kabupaten Fakfak yang mendampingi seluruh kegiatan tim IPB selama di Kabupaten Fakfak. Selain itu, alumni BUD IPB yang berada di Fakfak juga dilibatkan dan ikut membantu guna kelancaran kegiatan yang dimaksud.

 

 

Read more...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 3 of 56

Polling

Bagaimana menurut anda sistem Layanan BUD IPB?
 

Pencarian

RSS Feed

Feed Entries